Jumat, 24 Januari 2014

Tentang Marketing


Pengertian Definisi Teori Dasar Marketing Pemasaran
Diposkan oleh John Wayd
Marketing adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

Marketing dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.

Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang marketing disebut marketer. Marketer ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip marketing agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.

Unsur pemasaran adalah empat komponen dalam marketing yang terdiri dari 4P yaitu :

* Product (produk)
* Price (harga)
* Place (tempat, termasuk juga distribusi)
* Promotion (promosi)

Karena marketing bukanlah ilmu pasti seperti keuangan, teori bauran pemasaran juga terus berkembang. Dalam perkembangannya, dikenal juga istilah 7P dimana 3P yang selanjutnya adalah People (Orang), Physical Evidence (Bukti Fisik), Process (Proses)

Pemasaran lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran tergantung pada lebih banyak pada ketrampilan pertimbangan dalam membuat kebijakan daripada berorientasi pada ilmu tertentu.

Pandangan ahli ekonomi terhadap pemasaran atau marketing adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana produk diperlukan atau diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen (konsep pemasaran).
Metode pemasaran klasik seperti 4P di atas berlaku juga untuk pemasaran internet, meskipun di internet pemasaran dilakukan dengan banyak metode lain yang sangat sulit diimplementasikan diluar dunia internet.

Setelah anda mengetahuinya saya berharap anda dapat menggunakan metode marketing yang cocok untuk konsep bisnis apa saja. Sukses selalu..!!

http://isubisnis.blogspot.com/2010/09/pengertian-definisi-dan-teori-dasar.html



10 KONSEP MARKETING MENURUT HERMAWAN KERTAJAYA
1.  LOVE YOUR CUSTOMER, RESPECT YOUR COMPETITOR
Cintailah customer anda. Masak anda mau menjual barang yang jelek.  Kalau anda tidak love your customer mereka akan memusuhi anda. Respect  your competitor, lihat Nabi! Terhadap musuh-musuhnya, even orang yahudi  yang meninggal ia tetap menghormati karena Yahudi tetap manusia kendati ia  musuh kita. Jadi bersaing ya bersaing tapi jangan sampai menjatuhkan.  Karena competitor itu kan sama-sama membangun industri.
2. BE SENSITIVE TO CHANGE, BE READY TO TRANSFORM
Kita harus selalu sensitif terhadap perubahan
3. GUARD YOUR NAME BE CLEAR WHO YOU ARE
Anda harus memiliki nama

4. CUSTOMERS ARE DIVERS GO FIRST TO WHO REALLY NEED YOU
Customers itu macam-macam. Anda harus pergi ke orang yang benar-benar  membutuhkan anda. Kalau tidak butuh jangan dijualin. Jangan membujuk  orang. Marketing kan sering dituduh membuat orang konsumtif. Tidak perlu  barang itu dibujuk-bujuk. Itu jelas tidak baik.
5. ALWAYS OFFER A GOOD PRODUCT AT A FAIR PRICE
Jadi produk yang bagus harus diberi harga seimbang. Kalau jelek jangan  bujukin orang.
6. BE ALWAYS AVAILABLE AND SPREAD THE GOOD NEWS
Itu prinsip promosi sebenarnya. Anda harus selalu ada kalau orang  membutuhkan anda. Pemberitaan itu harus kabar gembira terus jangan  ngancam-ngancam. Orang dagang itu sebenarnya jangan ngancam pakai  katabelece segala.
7.  GET YOUR CUSTOMERS AND KEEP GROW THE BUSINESS WITH THEM
8. WHAT EVER YOUR BUSINESS IS A SERVICE BUSINESS
Pelayanan itu ibadah
9.ALWAYS REFINE YOUR PROCESS IN TERM OF QUALITY, COST AND DELIVERY
Selalu usahakan meningkatkan kualitas, menurunkan cost supaya  customers juga ikut menikmati dan delivery makin lama harus on time
10. GATHER RELEVAN INFORMATION BUT MAKE DECISIONS BASES ON YOUR WISDOM
Kumpulkan informasi sebanyak mungkin tapi keputusan terakhir berdasarkan hati nurani.
http://esemelekete.wordpress.com/2008/04/16/10-konsep-marketing-hermawan-k/ 


                                                            MANAJEMEN MARKETING

Dalam ilmu marketing kita mengenal STP dan 4P sebagai strategi pemasaran produk ataupun jasa. STP adalah singkatan dari Segmentation, Targeting dan Positioning sedangkan 4P adalah singkatan dari keempat unsur dalam marketing mix, yakni Product, Price, Place dan Promotion. STP dan 4P akan selalu muncul dalam marketing, apa pun konteksnya.
Segmentation: Adalah upaya memetakan atau pasar dengan memilah-milahkan konsumen sesuai persamaan di antara mereka. Pemilahan ini bisa berdasarkan usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup, atau bagaimana cara mereka mengkonsumsi produk.
Targeting: Setelah memetakan pasar, tahap targeting seperti namanya adalah membidik kelompok konsumen mana yang akan kita sasar.
Positioning: Apabila target pasar sudah jelas, positioning adalah bagaimana kita menjelaskan posisi produk kepada konsumen. Apa beda produk kita dibandingkan kompetitor dan apa saja keunggulannya.
Dalam rangkaian proses marketing, STP ini ada di tahap awal yang paling penting yakni mengidentifikasikan customer value. STP ada di level strategis karena menentukan bagaimana kita menggarap pasar.
Product: Pertama-tama, untuk masuk ke pasar, kita harus memiliki produk yang bagus sesuai dengan target pasarnya
Price: Produk tersebut harus memiliki harga yang sesuai dengan target pasar.
Place: Lokasi atau tempat yang kita masuki juga menentukan keberhasilan menggarap target pasar.
Promotion: Ketiga P yang lain tak akan berarti tanpa promosi, yakni mengkomunikasikan produk kita kepada target pasar. Jika STP ada di level strategis, 4P bermain di level eksekusi.
Dalam proses marketing, 4P ini ada pada tahap menyalurkan customer value dan mengkomunikasikan customer value kepada pasar. 
http://yuiworld.wordpress.com/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar